Selasa, 15 Mei 2012

Mini Trip di Kali Buntung


Desa wisata Kali Buntung, terletak sekitar 20 km (Jl Parangtritis) selatan Kota Jogja, tepatnya di Dusun Tangkil, kelurahan Srihardono, kecamatan Pundong, Bantul. Disebelah selatan dibatasi oleh Bentangan alam perbukitan yang merupakan jalur wisata alam dari Imogiri-Siluk menuju Parangtritis. Sungai Opak yang berkelok membelah desa Srihardono dengan Seloharjo adalah bagian pemandangan yang sangat elok di atas bukit.  Yang lebih menarik, di sisi timur desa ini terdapat aliran sungai kecil yang berkelok membelah desa.

Mendayung bersama menyusuri desa wisata Kali Buntung
Beberapa waktu lalu KAYAKING JOGJA berkesempatan mengunjungi desa yang elok ini dan mencoba berkayak di sungai kecil yang membelah desa ini. Kami mengundang beberapa warga untuk turut merasakan berkayak di desa mereka sendiri…., dengan kayak lipat tentunya.
Sungai kecil ini dinamai Kali Buntung, dan hanya bisa di jelajahi dengan kayak apabila pintu air di pinggir desa di tutup sehingga air sungai cukup dalam dan penampang sungai cukup lebar untuk berkayak. Dengan kedalaman maksimal 1 meter, sungai ini cukup aman dan menarik untuk di telusuri bersama keluarga maupun teman-teman anda.  
Tempat paling ideal untuk memulai pengarungan adalah di sisi timur  desa – beberapa meter dari pintu air. Tempat start ini berbatasan dengan jalan desa yang membelah hamparan sawah dengan pemandangan barisan perbukitan yang tampak indah. Letaknya hanya beberapa meter saja dari sekertariat desa wisata Kali Buntung.

Suasana nyaman sambil berkayak
Beberapa meter di awal penelusuran, sungai ini berpagar beton dan pondasi batu gunung. Semakin masuk ke arah utara, kita akan mendayung di antara rerimbunan pohon gayam yang teduh dan sejuk. Di sebelah kanan sungai terdapat hamparan sawah luas dan kebun tebu, sementara rumah-rumah penduduk terhampar di sebelah kiri sungai. Ada kalanya kayak yang kita kendarai harus saling berkejaran dengan bebek atau itik milik penduduk setempat yang banyak berkeliaran di sungai ini. Sungai kecil ini lalu membelok ke kiri dan mulai memasuki kawasan pemukiman yang membuat penelusuran kecil ini semakin mengasyikkan. Rumah rumah tradisional amat menonjol diantara kebun-kebun penduduk yang luas dan rindang. Beberapa kandang ternak-pun bisa kita saksikan sembari mendayung kayak, sambil sesekali melambaikan tangan pada penduduk yang selalu menyapa dengan ramah dari pinggir sungai.

Anda harus memutar balik kayak anda untuk mengakhiri mini trip ini karena sungai ini memang belum di siapkan secara khusus untuk wisata kayak seperti ini. Meski demikian, dalam waktu tidak lama lagi, warga desa dan karang taruna yang tergabung dalam kepengurusan desa wisata Kali Buntung berniat untuk menyiapkan sungai ini sebagai jalur wisata kayak yang segera bisa anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman anda. Yang patut anda catat adalah; berkayak di sungai kecil ini benar-benar  menyuguhkan suasana yang berbeda sehingga patut anda coba jika anda berniat melepaskan diri dari rutinitas, refreshing, atau sekedar menghalau tekanan pekerjaan.

Tempat Start


Memulai penelusuran


Suatu keuntungan tersendiri bagi desa ini karena terletak tidak jauh dari sungai Opak, tepatnya beberapa ratus meter saja dari pertemuan antara sungai Opak dan Oya, sehingga desa ini berpotensi sebagai tempat tujuan wisata kayak – baik di sungai Opak maupun di sungai kecil milik mereka sendiri.




Sungai kecil dan asyik

Dengan 'Kayak for Kid' cukup aman

kunjungan bapak-bapak dari dinas pariwisata

River Guide yang gagah




Kami juga berkesempatan mengajak beberapa warga untuk menyusuri sungai Opak dengan kayak, mulai dari Gudang Kayu peninggalan jaman Belanda tak jauh dari desa itu, sampai ke jeram Seloharjo, dan di lanjutkan dari jembatan penghubung antara Seloharjo dan Srihardono sampai finish di dermaga Kretek, beberapa kilometer dari pantai Parangtritis.
Pengarungan ini dimulai pukul 11.15 dan berakhir pukul 3.30, dengan beberapa kali perhentian yang mengasyikkan.

Menyiapkan pengarungan Opak

Pengarungan

di tengah pengarungan

Sungai yang sejuk

Menikmati pemandangan

Dan bagi anda yang menginginkan sensasi bertualang dengan kayak di sungai Opak, desa wisata Kali Buntung bekerja sama dengan KAYAKING JOGJA tak lama lagi akan membuka jalur ini untuk umum. Selamat berpetualang.....!

Informasi lebih lanjut mengenai Kayak Trip ini, anda bisa menghubungi kami melalui email di halaman Kontak Kami di blog ini, atau menghubungi saudara Kholis di desa wisata Kali Buntung lewat no telepon : 0878-3909-8211

Jangan lupa....., tetap cintai sungai....!!

Salam,
KAYAKING JOGJA

1 komentar:

  1. Sukses Untuk Usahanya yeeee, semoga berkat semakin melimpah dan salam lestari bumi.
    Ari Hasibuan

    BalasHapus

Komentar dari anda merupakan Kemajuan bagi kami agar selalu lebih baik dari sekarang. Tetap Cintai Sungai!!!!